Minggu, 17 Oktober 2010

Pengertian Auditor Independen

Apa itu auditor independen? apa bedanya dengan auditor independen?. mungkin itu pertanyaan yang kita dengar apabila baru mempelajari mata kuliah pengauditan. sebenarnya, auditor independen itu sama dengan auditor eksternal. Di dalam prakteknya, adanya auditor eksternal juga tidak dapat menjamin bahwa kondisi perusahaan adalah sehat karena hal itu bukan cakupan tugas dari auditor eksternal. Namun demikian auditor eksternal disini lebih berperan sebagai pihak independen yang dinilai berkompeten untuk menilai kualitas laporan keuangan yang disajikan oleh manajemen. Dan atas penilaian ini auditor eksternal mengeluarkan opininya seperti wajar tanpa pengecualian, wajar dengan pengecualian, tidak wajar dengan pengecualian dan tidak berpendapat.

Untuk bisa melaksanakan proses audit eksternal yang baik harus terjalin saling percaya antara auditor dan manajemen. Pembicara menyebutkan sudah sering ditemukan kejadian dimana auditor eksternal menolak pekerjaan audit karena rendahnya level of trust pada manajemen.


Aspek lain yang tidak kalah pentingnya adalah penetapan biaya audit eksternal yang benar-benar menjamin kualitas audit serta tidak membebani salah satu pihak baik manajemen maupun auditor eksternal. Dalam hal ini pembicara mengingatkan anggota komite audit untuk memperhatikan aturan perundang – undangan serta proses belajar atau adaptasi auditor ekternal terhadap perusahaan.


 

0 komentar:

Poskan Komentar