Minggu, 17 Oktober 2010

Definisi Pengauditan Pengolahan data Elektronik

Definisi Audit PDE:

Pada dasarnya definisi audit manual dan audit PDE tidak ada perbedaan secara khusus di mana batasan – batasan auditi PDE sama dengan audit manual yaitu proses pengumpulan dan penilaian bukti guna menentukan dan melaporkan kesesuaian antara aktivitas ekonomi dengan kruteria yang telah ditetapkan. Begitu juga dengan auditornya, jenis audit, tujuan audit, opini yang diberikan, serta standar auditnya secara substansi juga sama. Berikut ini adalah definisi audit dari beberapa sumber:

Auditing adalah pengumpulan dan penilaian bukti mengenai informasi untuk menentukan dan melaporkan mengenai tingkatan kesesuaian antara infomasi tersebut dengan ketentuan yang ditetapkan serta dilakukan oleh orang yang berkompeten dan independen. (Arens dan Loebbecke)
Auditing adalah proses yang sistematis mengenai perolehan dan penilaian bukti secara obyektif yang berkenaan dengan pernyataan mengenai tindakan – tindakan dan kejadian – kejadian ekonomi dengan tujuan untuk menentukan tingkat kesesuaian antara pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan serta untuk mengkomunikasikan hasil – hasilnya kepada pihak – pihak yang berkepentingan. (American Accounting Association)
Namun demikian Weber memberikan definisi tersendiri mengenai audit PDE. Weber menyebutkan Auditing PDE adalah suatu proses pengumpulan dan penilaian bukti untuk menentukan apakah suatu sistem komputer melindungi aktiva, mempertahankan integritas data, mencapai tujuan organisasi secara efektif, dan menggunakan sumber daya secara efisien. Defnisi tersebut lebih menekankan pada audit operasional yang berkaitan dengan aktivitas komputer

Jadi, Audit Manual dan Audit PDE adalah suatu proses penilaian dan atestasi yang sistematis oleh orang – orang yang memiliki keahlian dan independen terhadap informasi mengenai aktivitas ekonomi suatu badan usaha, dengan tujuan untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesesuaian antara informasi tersebut dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Dari pengertian di atas dapat ditarik unsur – unsur auditing:

- Melakukan penilaian dan atestasi secara sistematis

- Menentukan dan melaporkan tingkat kesesuaian antara aktivitas ekonomi yang diaudit  dengan ketentuan yang berlaku

- Memiliki keahlian dan independensi


 


 

Tujuan dilakukannya audit PDE adalah berikut ini:

- Untuk dukungan fungsi pengolahan data terhadap manajemen, audit PDE memastikan bahwa dalam penyusunan strategi, rencana induk maupun rencana kerja manajemen dan fungsional dalam perusahaan memperoleh dukungan yang memadai berupa informasi.

- Untuk perencanaan pengolahan data, audit manajemen yang dilakukan harus mampu untuk mengungkapkan informasi seperti pertimbangan biaya, pertimbangan kebutuhan, pengaruh pengambilan keputusan terhadap organisasi, dan penyesuaian dengan kemajuan serta pembaruan dalam bidang teknologi informasi.

- Untuk organisasi pengolahan data, audit yang dilakukan dimaksudkan untuk menilai efektivitas dan efisiensi organisasi dalam melakukan tugasnya, seperti pola koordinasi dan interaksi dengan fungsi lain dalam perusahaan, susunan organisasi, pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, dan sebagainya.

- Pengendalian data, audit yang dilakukan berupaya untuk memastikan agar data dan informasi tidak sampai jatuh ke tangan orang yang tidak berhak, akses terhadap data dan informasi dibatasi hanya kepada orang-orang yang berhak serta data dan informasi telah dipelihara agar tidak mudah rusak.


 

Ruang lingkup audit PDE yang harus diperhatikan adalah berikut ini:

   1. Dukungan fungsi pengolahan data terhadap manajemen.

   2. Perencanaan pengolahan data.

   3. Organisasi pengolahan data.

4. Pengendalian data.


 

Audit manual yang juga sering disebut sebagai audit tradisional atau konvensional dilakukan apabila sistem pengolahan data perusahaan masih belum memanfaatkan sistem elektronik, sistem dan teknologi informasi masih bersifat dasar atau belum menjadi tulang punggung utama.

Audit PDE dilakukan dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang menghasilkan berbagai jenis komputer yang sangat cepat dalam proses pengolahan, penggunaan berbagai piranti dan aplikasi yang semakin mudah, teknologi informasi dan komunikasi yang saling mendukung, dan lebih tepat untuk perusahaan yang besar.

0 komentar:

Poskan Komentar