Senin, 08 November 2010

Menguak Harta Karun Tersembunyi di Windows 7

Saat pertama kali menjalankan instalasi Windows 7, kita ditanya negara tempat kita tinggal dan bahasa yang kita gunakan, bukan? Pengguna dari beberapa negara akan dapat tema khusus sesuai dengan negaranya.
Misalnya, negara yang dimasukkan adalah Australia. Nantinya, kita bisa memilih tema bernuansa Australia  untuk Windows—suara khas, wallpaper,  dan nuansa pendukung lain.
Setelah diselidiki, semua tema unik itu ternyata disalin pada saat instalasi. Hanya saja tema-tema tersebut tidak semua ditampilkan. Asal tahu saja, DVD Windows 7 edisi bahasa Inggris yang beredar di Indonesia mengandung tema Australia, Kanada, Afrika Selatan, Inggris Raya, dan Amerika Serikat.
Tak ada Indonesia sih. Tapi, kalau mau tau bagaimana tema-tema negara yang ada, caranya begini.
1.      Buka Windows Explorer. Klik menu “Organize > Folder and Search Options”.
2.      Di jendela Folder Options klik tab “View”. Di tab View, pilih “’Show hidden files, folders and drives”.
tut349-h24-2
3.      Hilangkan tanda centang di depan “Hide protected operating system files (Recommended)”. Saat menghilangkan tanda cek ini Anda akan mendapatkan jendela peringatan. Jawab “Yes”. Klik “OK” untuk menutup jendela Folder Options.
tut349-h24-3
4.      Di jendela Windows Explorer, masuklah ke C:\Windows\Globalization\MCT. Di situ ada folder MCT-AU, MCT-CA, MCT-GB, MCT-US dan MCT ZA. Setiap folder berisi satu file tema.
tut349-h24-4
5.      Buka folder MCT-AU lalu masuklah ke sub folder Theme. Di dalamnya ada file AU berekstensi “.theme”. File ini mengandung instalasi tema Australia. Klik ganda file itu untuk menginstalnya. Kita akan langsung merasakan perubahannya sesaat setalah instalasi. Nuansa Windows akan langsung berubah ala Australia dan Control Panel Personalisasi bakal muncul.
tut349-h24-5
6.      Ulangi langkah  5 untuk setiap folder—atau folder yang temanya mau dipakai saja. Sekadar informasi, folder MCT-CA menyimpan tema Canada, folder MCT-GB menyimpan tema Inggris, folder MCT-US menyimpan tema Amerika, dan folder MCT ZA menyimpan tema Afrika Selatan.
7.      Klik lagi menu “Organize” > “Folder and Search Options”.
8.      Di jendela Folder Options klik tab “View”. Di tab View, pilih “’Don’t show hidden files, folders and drives”. Berikan tanda centang di depan opsi “Hide protected operating system files (Recommended)”. Saat menghilangkan tanda centang ini, kita akan dihadapkan pada jendela peringatan. Jawab “Yes”. Klik “OK” untuk mengembalikan seting folder seperti semula.
9.      Tutup Windows Explorer.
10.  Sekarang klik kanan desktop dan pilih Personalize. Sekarang, tema-tema rahasia telah muncul dan Anda tinggal memilih tema mana yang disuka. Sekali klik tema, nuansa Windows akan langsung berubah, baik itu warna, wallpaper, suara, dan sebagainya.
tut349-h24-10
Cari Tema Windows 7
Setelah mendapat artikel yang menarik ini, PCplus iseng-iseng mencari tema lain di internet. Tidak ketemu banyak sih—beberapa malah tampak tidak meyakinkan—tapi ada satu yang yakin seratus persen pasti bisa diinstal di Windows 7.
Tempatnya di sini: http://windows.microsoft.com/en-us/windows/downloads/personalize. Nah, pasti yakin kan? Itu situs web resmi Microsoft. Temanya banyak yang baru, malah ada tema Windows 7 yang bernuansi film baru James Cameroon yakni Avatar.
Ada pula tema Coca Cola, Bing, Porsche, Zune, dan lain-lain. Oh iya, tema yang disebutkan dalam artikel “Menguak Tema Tersembunyi Windows 7” pun ada. Tema itu tentu sebaiknya jangan di-download lagi. Mubazir.
Setelah download, kita akan dapat file berekstensi “themepack”. Buka saja file itu, tema pun segera dipasang. Selamat menikmati. (alx)
tut349-h24-boks
Halaman situs web resmi Microsoft yang menampilkan tema untuk Windows 7. Tema yang ada di situs web tersebut bisa di-downoad dengan gratis.

dikutip dari :Majalah PC Plus

0 komentar:

Poskan Komentar